Selasa, 21 Desember 2010

Optimasi Performa Samsung Galaxy S (root+lagfix)

Bagi pecinta gadget dengan teknologi tinggi pasti sudah kenal dengan samsung galaxy s I9000, hanphone dengan OS android yang sangat fleksibel untuk di oprek, bagi yang suka ngoprek hehehe. belum lama ini ane nguras tabungan buat beli HP ini. Namanya udah jatuh cinta apapun di lakuin buat nebus kekasih yang masih di pajang di counter HP. Dengan keinginan yang kuat akhirnya ane bawa pulang tuh HP cantik dan sexy.

Tapi sampai di rumah sedikit kecewa karena performa dari samsung galaxy s itu kurang begitu sempurna. sering sekali mengalami laging (sedikit eror)  terasa berat. OS bawaan dari samsung galaxy s adalah android eclair. jangan kuatir kita bisa upgrade ke froyo dengan aplikasi samsung KIES dengan sekali klik kita bisa upgrade android eclair kita bisa menjadi froyo, jangan lupa komputer harus terkoneksi dengan internet. ok kita kembali untuk ke topik, setelah keliling muter-muter cari solusi di internet. akhirnya nemuin juga cara untuk lagfix dan rooting untuk meningkatkan performa dari samsung galaxy s. tapi menurut saya itu terlalu ribet dan susah untuk saya yang masih belum paham tentang flashing dan sebagainya.

pengertian root dan lagfix:
  1. Pengertian Root adalah user account di Linux (Android dikembangkan berbasis Linux) yang memiliki segala akses. Root user dapat meng-edit apapun di system. Demi alasan keamanan, user biasa tidak memiliki semua akses di system. Saat kita melakukan rooting di SGS maka kita akan mendapatkan akses untuk membaca dan menulis di system dimana sebelumnya tidak dimiliki dan kita juga dimungkinkan untuk menjalankan beberapa perintah didalam Terminal. 
  2. pengertian lagfix  adalah memeperbaiki lagging atau loading time yang lama saat berpindah layar atau mengaktifkan aplikasi.
Dan secara tidak sengaja menemukan aplikasi untuk rooting dengan sangat mudah sekali. dan berikut akan saya berikan cara mudah untuk root dan lagfix:
  1. root: untuk kita bisa menggunakan z4root ini khusus untuk android froyo tidak di sarankan untuk android eclair. ini link download dari z4root v 1.3.0 bisa di download di z4root 1.3.0 download. setelah download instal aplikasi itu di android anda, setelah terinstal jalankan aplikasi dan mulailah untuk melakukan root pada android froyo kesayangan.
  2. lagfix: proses root selesai selanjutnya adalah lagfix anda bisa mendownload aplikasi one click lagfix (OCLF) di android market atau di aplenet. install aplikasi itu dan pilih menu lagfix froyo. tunggu sampai proses itu selesai dan rasakan perbedaan yang telah terjadi, samsung galaxy s anda akan ngacir, ngebut mantab pokoknya. 
Ini screenshoot samsung galaxy s ane setelah ane oprek pake aplikasi itu:  

gimana mantab kan bro. silahkan di coba kalo berani sebagai pertimbangan kalo di root garansi nya ilang, heheh tapi aplikasi z4root bisa di unroot kok tenang aja, butuh keberanian aja buat main2 sama henpon harga 6 juta, hahaha selamat mencoba bro.

7 komentar:

  1. berapa lama waktu untuk rooting dan bgmna cara upgrade dgn kies??? terima kasih

    BalasHapus
  2. bgmna cara mengupgrade dgn kies dan brpa lama waktu untuk rooting??? terima kasih

    BalasHapus
  3. rooting cepet banget gak sampe 5 menit lah, untuk upgrade dengan samsung KIES ada tombol nya di bagian pojok kanan bawah yang ada gambar handphone ada tanda panahnya, sebelah tombol pengaturan. setelah di klik ikuti saja petunjuk yang adadi situ. lama proses tergantung dari speed internetnya...

    BalasHapus
  4. knpa saya root ga selese2

    BalasHapus
  5. z4root ada erornya juga kemarin aku juga abis pake itu dan ga bisa, akhirnya aku pake aplikasi yang di jalankan lewat komputer. jadi pakai aplikasi ini "GalaxyS I9000 One-ClickRoot" cari aja di internet banyak, aku lupa link downloadnya, caranya mudah kok, simpel banget

    BalasHapus
  6. Saya coba upgrade ke froyo pake KIES nggak bisa nih, padahal KIES udah versi terbaru. Tiap kali connect HP ama laptop trus masuk ke KIES dan keluar tulisan yang menawari upgrade,begitu kita pilih update langsung kluar pop up windows yang isinya "Firmware Update Has Stopped Working, a problem caused the program to stop working correctly...."
    Saya pake windows XP SP 2, mohon bantuannya...

    BalasHapus
  7. itu firmwarenya masih asli apa udah di custom, coba di factory reset dulu sebelum di upgrade.

    BalasHapus