Selasa, 13 Agustus 2013

Pindah Hosting Cepat Sengan SSH

Bagi seorang blogger matre seperti saya tutorial pindah hosting cepat adalah hal yang sangat penting, karena suatu saat mau tidak mau harus pindah hosting blog/web karena alasan tertentu (kehabisan benwit, entry process mbledhos dll). Untuk memindahkan blog dengan ukuran file kecil mungkin bisa menggunakan cara biasa compress-download-upload-ekstrak selesai. Namun kita akan mengalami kesulitan jika kita mempunyai ukuran file yang besar dan banyak.

Yang penting adalah hosting anda sudah include untuk akses SSH (Secure Shell), seperti Hawkhost, Hostgator atau Jenis VPS ( saya sendiri memindahkan dari HG ke VPS Knownhost). Fungsi SSH adalah untuk mengakses server hostin dalam modus text non UI ( User Interface). Untuk menjalakan SSH kita harus mengunakan software yang bernama "PUTTY" (Freeware/gratis). Anda bisa mendownload nya di link ini: http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html.

Pilih software Putty sesuai dengan OS yang pada komputer Anda. Namun jika kamu menggunakan LINUX kamu ga perlu pakai Putty. Putty ini adalah software portable jadi anda tidak perlu untuk menginstal, cukup menjalankan aplikasinya saja. 

Setting Putty


Setelah di jalankan kita akan melihat seperti gambar di bawah ini, kemudian klik saja "YES".



Selanjutnya akan muncul jendela promt

login as: --> isi dengan nama user cpanel/hosting
nama-user@domainanda.com's password:isi dengan password cpanel/hosting
Last login: Mon Apr 9 12:43:04 2012 from 114.79.28.64
nama-user@domainanda.com [~]#

Berikut ini adalah contoh promt nya:

nama-user@domainanda.com [~]# cd public_html/wp-content/

Maka selanjutnya siapkan file blog/web yang  akan di pindahkan, saya sendiri biasanya memindahkan file dengan ukuran yang lumayan besar yaitu blog image, anda tahu sendiri berapa besar file jika ada sekitar 1000 postingan berisi gambar semua. Backup Wp-content, compress menjadi file .zip,  yang nantinya nama filenya menjadi wp-content.zip. Dan taruh file wp-content.zip di folder/directory public_html domainanda.com. Sehingga nanti link downloadnya menjadi domainanda.com/wp-content.zip.

Sekarang kita kembali ke putty, berikan comand seperti ini:

nama-user@domainanda.com [~]# cd wget -c www.domainanda.com/wp-content.zip. 


Dan tunggulah perpindahan file wp-content.zip dari hosting lama ke hosting baru anda, tidak akan lama, proses ini akan di jamin lebih cepat jika di bandingkan dengan anda melakukan dengan koneksi internet yang super lemot seperti punya saya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar